Tips Menulis Posting Blog

Semangat Pagi kawan…akhirnya setelah bersusah payah trial and error..(kebanyakan error sih…hehehehe) masstyo beranikan diri menulis …eh curhat di blog ini dengan agak santai…(sersan=serius tapi santai).

Berawal dari rasa ingin tahu yang tinggi karena kesuksesan mas Supian mantan teman satu perusahaan yang sudah berhasil mendulang dollar dari kegiatan ngeblog, maka masstyo pun ingin mencoba menyalurkan bakat dan hobby menulis di blog ini…(kali aja dollar bisa nyantol..betul..betul..betul).

Juga diperkuat dengan adanya pertemuan dengan seleb blogger Surabaya-Sidoarjo di Royal Plaza yang dihadiri mas Lutvi Avandi Master Wordpress, mas Arief Maulana AM.com, Mas Agus Siswoyo, mas IwanKus, mas UdinHamd, dimana mereka adalah orang-orang yang sudah malang melintang di jagat blog dan konsisten ngeblog, dan juga kualitas tulisan mereka yang kata bahasa sono ciamik soro (tidak seperti saya yang acak kadul), maka dengan ini saya mulai beranikan diri serius untuk ngeblog sampai titik darah penghabisan (…ceileeee…xixixi).

Oke sekarang agak serius dikit yah…Blogging adalah sebuah aktivitas yang banyak digemari demikian juga oleh masstyo. Banyak sekali tujuan orang ngeblog, ada yang cuma iseng, menyalurkan hobby menulis, cari sensasi, share pengetahuan, blogging business dll. Blog bisa dikatakan bagus apabila blog tersebut banyak berisi muatan-muatan yang baik, berguna bagi sesama dan tentunya materi yang berbobot.

Dalam hal materi dan gaya bahasa tulisan masstyo sendiri sangat suka dengan materi postingan mas Arief Maulana, tulisan-tulisannya sangat berbobot, detail, runtut dan sangat mudah dipahami terutama bagi awam seperti saya. Gaya bahasanya juga lugas, mudah dimengerti …sepertinya mas Arief cocok menjadi dosen (pasti mahasiswanya nilainya A semua ntar..hehehe).

Kadang saya bertanya-tanya bagaimana sih caranya membuat postingan yang bagus seperti mereka-mereka itu?
Dengan segala keterbasan saya…saya mencoba mencerna kaidah-kaidah penulisan materi posting yang baik:
1. Buatlah judul yang menarik perhatian
2. Sisipkan gambar sesuai dengan materi postingan kita
3. Pakailah gaya bahasa yang baku, jangan terlalu sering menggunakan bahasa gaul…(jangan tiru saya..hehe)
4. Materi posting up to date (bisa tentang materi Pilkada, Artis-artis yag berebut kursi Cawali/wawali, bisnis dsb)
5. Tunjukkan originalitas kita (original lebih disukai lho)
6. Dan yang paling penting seringlah berlatih, karena dengan sering berlatih maka kualitas tulisan kita akan tampil berbobot dan selalu dinantikan kehadirannya…Motto practice makes perfect but perfect practice makes so amazing…(cek grammarnya?)

Bahasan tersebut di atas mungkin tidak berguna bagi mereka yang sudah malang melintang di dunia blog, apalagi blogging business karena sudah sangat terlatih dalam menulis sales letter yang bagus dan menawan hati, tapi Insyaallah bisa berguna bagi teman-teman yang baru belajar ngeblog dan jadi newbie seperti saya.

Akhir kata mungkin ada para master yang mau mengoreksi dan menambahkan tips menulis yang baik? Ditunggu pencerahannya yah..?


Salam Newbie
Masstyo

Bookmark and Share

3 comments:

    Wow, sudah mulai action nih. Selamat berbenah rumah ya...

     

    hehe iya mas, masih berbenaah...belum ada kursi dan meja nih...lesehan aja dulu yah...asal mas kerasan saya seneng kok...thanks mas Agus.

     

    Aduh..lambat datang..dah gak kebagian banca'ane...hehehe

    Kenapa gak pake wordpress mas ?

     

Post a Comment